Facebook

cara menjadi programmer untuk pemula panduan lengkap


 cara menjadi programmer untuk pemula

progammer untuk pemula


Asslamualaikum wr wb.
Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengeai bagaimana caranya supaya kita menjadi programmer untuk pemula yang handal dan hebat.

menjadi seorang programmer untuk pemula (pemrogram) adalah proses pengembangan keahlian secara bertahap setiap harinya.


Untuk terjun didunia pemograman harus benar benar serius menekuninya supaya proses pembelajarannya menjadi cepat.

Memprogram bisa menjadi seru dan juga menguntungkan (baik dari segi mental, spiritual, ataupun finansial). Panduan mungkin bias memotivasi sobat sobat yang ingin menjadi seorang progammer. Anda juga tidak mesti mengikuti setiap langkahnya secara berurutan, tetapi setidaknya Anda akan mendapat gambaran yang jelas mengenai cara menjadi pemrogram pada salah satu bidang pemrograman modern ini.

Apakah Seorang Programmer Harus Lulusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika dan yang lainnya yang ada kaitannya dengan computer ?

Nah untuk sobat sobat yang ingin menjadi programmer untuk pemula pasti dibenak sobat sering muncul pertanyaan seperti diatas. Baik biar sobat tidak terus kebingungan dalam pertanyaan tersebut saya akan memberikan jawaban yang mungkin bias membantu sobat sobat semua.

Sebetulnya untuk menjadi seorang programmer untuk pemula itu tidak perlu latar belakangnya (Backgorund) IT, walaupun sobat bukan dari latar belakang IT tetapi jika sobat punya tekad dan kemauan yang kuat tentunya tidak akan mustahil untuk menjadi seorang programmer untuk pemula.

Menurut saya semua ilmu juga dapat di pelajari tanpa kita tidak ada latar belakang dengan kaitannya ilmu tersebut, jika seobat ingin menekuni dan menguasai suatu ilmu maka pelajari dengan serius dan rajin maka insya allah cita cita sobat akan terlaksana seiring berjalannya waktu.

Apakah Lulusan sarjana Ilmu Komputer/Teknik Informatika akan menjadi programmer ?

Nah, pertanyaan seperti diatas juga sering dipertanyakan bagi para calon calon programmer untuk pemula. Baik saya akan menjawabnya disini.

Sebenarnya lulusan sarjana Ilmu Komputer/Teknik Informatika memang ya jurusan tersebut di khususkan untuk menciptkan calon programmer programmer, tetapi tidak semuanya lulusan sarjana IT menjadi seorang programmer, ada juga merekaa yang lulusan IT tidak menjurus.

Kenapa hal demikian terjadi ? karena mereka yang tidak menjurus kemungkinan besar mereka pas waktu kuliahnya tida benar benar dalam hal belajarnya jadi begitu jadinya.

Langsung saja saya akan memberikan tips cara bagaimana caranya menjadi programmer untuk pemula.

Berikut tipsnya menjadi programmer untuk pemula :

1.      Mencari sumber yang menyediakan tutorial lengkap (menjadi progammer untuk pemula)

Untuk memulai belajar, apapun itu yang kita hadapi, kita pastinya  tentu memerlukan sumber belajar yang tepat. Hal ini juga berlaku dalam tips belajar pemrograman secara otodidak. Sumber yang digunakan pun jangan asal sumber maka saya sarankan carilah sumber yang terbaik.

Bagi orang yang sedang belajar menjadi programmer untuk pemula, kadang membaca tutorial yang terpisah-pisah akan sangat membingungkan diri anda sendiri. Oleh karena itu, kita harus mencari sumber yang menyediakan tutorial secara lengkap dan terstruktur. Hal ini akan mempermudah kita untuk mempraktekkan ilmu yang sedang dipelajari dan tidak membuat kita kebingungan.

2.      praktekan apa yang anda telah pelajari sebelumnya.


ketika anda sudah selesai mempelajari teori teori yang sobat dapatkan baik itu dalam membaca buku, melihat video tutorial maka langkah selanjutnya adalah praktekan, karena kalua tidak praktek percuma saja kita belajar dari berbagai sumber tapi tidak di praktekan pastinya tidak aka nada hasilnya, maka praktekanlah segera.

Dan apabila terdapat sedikit kesalahan saat mencobanya dam mempraktikan, lalu kita bingung untuk cara mengatasinya, kita dapat membagikannya ke komunitas yang kita ikuti. Akan tetapi perlu diingat, jangan bertanya atau berbagi masalah pemrograman yang sudah banyak dibahas dalam forum, baca terlebih dulu diskusi-diskusi sebelumnya, siapa tahu permasalahan tersebut telah dibahas sebelumnya. Hal ini akan membuat proses belajar pemrograman secara otodidak semakin efektif.

3.      Bergabung dengan komunitas / forum


menjadi programmer untuk pemula harus masuk ke dalam sebuah komunitas atau forum untuk belajar lebih efektif. Dengan masuk kedalam sebuah komunitas atau forum, kita akan mendapatkan berbagai ilmu sesuai dengan komunitas dan forum yang kita ikuti.

Hal yang sama juga berlaku bagi calon pembuat program atau calon programmer untuk pemula yang sedang belajar pemrograman secara otodidak.

 Setidaknya, calon pembuat program dapat masuk ke dalam komunitas berbasis online yang banyak berkembang sekarang ini.

Dengan kita masuk di dalamnya, kita dapat menemukan tempat untuk berdiskusi ketika terdapat permasalahan saat membuat program. Selain itu, kita juga akan dapat memperoleh ilmu-ilmu baru, jika komunitas yang diikuti sangat aktif.

Banyak sekali keuntungan kita masuk kedalm forum dan komunitas dianataranya sebagai berikut :

§  Learning – Kesempatan belajar yang pastinya selalu terbuka luas bagi setiap anggota komunitas.

§  Networking – Adanya kesempatan untuk memperluas jaringan dan koneksi. Dan tentunya peluang untuk mendapatkan teman-teman baru.

§  Sharing Experiences – Pengalaman adalah guru yang paling baik. Dengan bergabung kedalam komunitas akan terdapat banyak kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan anggota yang lain.

§  Job Opportunities – Kesempatan kerja jelas lebih terbuka karena diawali dengan pertemanan yang terjadi didalam komunitas.

§  Meeting Experts – Diantara semua anggota tentunya terdapat beberapa anggota yang memang sudah termasuk kategori ahli. Keahlian dan pengalaman mereka tentunya akan dibagi juga kepada anggota komunitas yang lain.

§  Solutions to Problems – Saling membantu adalah ciri suatu komunitas. Jika kita berhadapan dengan sebuah masalah, maka anggota-anggota yang lain akan bahu membahu untuk membantu memecahkan masalah tersebut.

§  Free Giveaways – Goodies biasanya bertebaran didalam sebuah komunitas yang aktif. Mungkin bisa berupa bagi-bagi kaos, pin ataupun software-software khusus yang hanya dibagikan kepada anggota komunitas saja.


4.      Cari contoh Project, Code yang Sederhana


Tips selanjutnya setelah kita memahami materi mengenai pemogaraman selanjutnya kita mencari sampel (contoh) project atau kode yang sederhana. Banyak situs web yang menyediakan berbagai project gratis, salah satu web yang saya sarankan yaitu di CodeProject.com. Disana tersedia berbagai sample/contoh project dan kode-kode sesuai dengan bahasa yang sobat sobat pelajari. sobat harus pastikan melihat, mencoba dan memahami setiap kode yang ada. Coba pahami apa fungsi dari kode-kode yang ada itu. Dari sanalah awal-mula kita membuka pemikiran terhadap bahasa pemrograman.


Dengan metode seprti ini saya yakin sobat akan dengan cepat dalam prosen menjadi programmer untuk pemula.

5.      Luangkan waktu untuk belajar menulis kode buatan sendiri
luangkanlah waktu untuk menulis kode buatan sendiri jangan buatan orang lain. Karena dengan program butan sendiri pastinya kita akan menjadi terasah kemampuannya. Dan ketika kita sudah sukses membuat program hasil karya sendiri kita akan merasakan sebauh kesenangan karena kita telah mampu menyelesaikan sebuah permasalahan.

Dengan tips tips menjadi programmer untuk pemula saya semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang telah membacanya sampai tuntas. Semoga apa yang di cita citakan oleh sobat dapat terpenuhi. Sekian daru saya terima kasih

Disqus Comments