Facebook

cara membuat program android sederhana dengan app invertor

cara membuat program android sederhana dengan app invertor

Assalamualaikum wr wb. Apa kabar sobat ? saya berharap semuanya dalam keadaan bik baik saja ya. Dalam ksempatan kali ini saya ingin memberikan sebuah tutorial membuat program android sederhana dengan menggunakan software app invertor.

App invertor adalah salah satu tool untuk mendevelop aplikasi menggunakan web browser. Untuk menjalankan app invertor ini menggunakan koneksi internet namun dalam kesempatan yang sangat berbahagia ini saya kan memberikan bagaimana caranya supaya sotfware tersebut bisa berjalan secara offline, apakah bisa gitu menjalankannya secara offline ? oh tentu saja sangat bisa, baik langsung saja kita mulai membuat pojectnya.

Cara instal App invertor secara ofline

Untuk cara menginstalnya sangat mudah sekali hanya tinggal klik klik saja seperti cara instalsoftware pada umumnya. Untuk lebih lanjut cara menginstal software ini sobat bisa menghubungi kontak saya yang telah saya sediakan pada halaman blog ini.

Memulai project

Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi untuk memuat program sederhana ini alangkah baiknya saya menjelaskan tool tool penting yang ada pada software app invertor ini 

1.tool yang ada disebelah kiri ini sangat berperan sekali karena dalam pembuatan aplikasi pada software ini kita menggunakan tool tool tersebut. Bisa dilihat pada gambar diatas pada kotak tersebut ada berupa macam macam tool seperti button, checkbox,image dan lain sebagainya.

2.nah pada halaman desaigner inilah kita membuat sebuah desain untuk aplikasi yang ingin kita buat dari mulai segi layout, warna,background dan lain sebagainya yang berkaitan dengan desain.

3.halaman blocks berfungsi untuk membuat code block agar aplikasi kita berjalan secara dinamis.

4.nah pada halaman desain disebelah kanan ada properti yang berfungsi sebagai pengatur ukutan font, ukuran gambar dan lain sebaginya, nah kita bisa memberikan style pada aplikasi yang kita buat lewat toolbar tersebut. 



1.toolbar yang ada disebelah kiri ini adalah kumpulan code block yang nantinya kita gunakan untuk membuat sebuah program untuk menjalankan sebuah aplikasi yang telah dibuat sebelumnya di halaman desaigner.

2.tulisan show dan warning itu adalah  untuk memberi tahu jikalau kita melakukan kesalahan pada saat pengkodean.

Cara membuat aplikasi sedehana (login)

 
Aplikasi yang kita akan buat hasilnya adalah seperti gambar di atas.
1.instal dulu aplikasinya

2.setelah diinstal buka webbrowser kesayangan anda dan ketikan di URL ‘localhost:8888”

3.akan muncul form login untuk memasukan email. Masukan email bebas sesui kiinginan anda

4.klik start new project, berinama project yang akan kita buat misanya saya disini memberi nama logi_app

5.cari tool label yang ada di sebelah kiri halaman desain dan drag kehalaman kerja kita yang berada ditengah lalu masuk ke propertis dan berinama pada label tersebut dengan “FORM LOGIN”.

6.tambah lagi labelnya dengan cara drag ke tengah dan beri nama ‘Username’ dan ‘password’

7.ubah ukuran dan warna font di propertis sesuai dengan keinginan anda disini saya menggunakan warna hitam untuk fontnya

8.langkah selanjutnya kita akan membuat textbox untuk form username dan passwordbox untuk form password. Silahkan anda drag lagi ke tengah

9.langkah selanjutnya kita akan membuat sebuah 2 button , yang satu kita beri nama
login dan yang satunya lagi kita berinama register

10.sesudah semuanya selesai kita membuat desain pada screen pertama kita lanjut lagi dengan membuat screen baru, kita disini membutuhkan tiga screen ya untuk pembuatan 

aplikasi ini. Screen kesatu untuk halaman login, screen kedua untuk halaman ketika kita berhasil login dan untuk screen yng ketiga berfungsi sebagai jika kita gagal melakukan login.


11. untuk membuat sebuah screen baru kita tinggal klik new screen

12 setelah kita memuat screennya tinggal kita masuk ke halaman block untuk membuat programnya.
  



Masukan  kode bloxknya sesuai seperti gambar berikut untuk bisa menjalankan aplikasinya ya sobat.
Oh iya lupa, di screen dua teman teman berikan saja tulisan dengan menggunakan label dengan isi teks login berhasil dan di screen3 teman teman berikan peringatan jika ada yang salah login.

Saya rasa aplikasi yang kita buat telah selesai. Semoga bermanfaat ya
 


Disqus Comments