Facebook

Apa yang dimaksud plugin wordpress ? bagaimana kerjanya ? - tentang plugin wordpress


Apa yang dimaksud plugin wordpress ? bagaimana kerjanya ?

plugin wordpress


Para pengguna pelula wordpress sering mengajukan pertanyaan apa  yang dimaksud plugin wordpress dan bagaimana cara kerjanya?

Baca ini : cara menjadi progammer dengan cepat untuk pemula

Kali ini saya aakan menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut secara terperinci dan lengkap.
Plugin adalah bagian penting ekosistem WordPress, dan mereka sangat berperan  penting untuk membangun sebuah website yang besar dengan menggunakan WordPress.

 Dalam panduan pemula ini, saya akan menjelaskan apa itu plugin wordpress  dan bagaimana cara kerjanya?.

 Apa yang dimaksud plugin wordpress?

Plugin wordpress adalah apps yang memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur baru dan fungsi tertentu untuk situs WordPress Anda. Sama seperti aplikasi yang di lakukan untuk smartphone Anda.
Ada lebih dari 48.000 plugin gratis tersedia sekarang di direktori plugin WordPress.org. Ribuan lebih tersedia dari situs web pihak ketiga seperti Github.

Selain itu, juga ada ribuan plugin WordPress premium yang dijual oleh pengembang individu dan perusahaan seperti CodeCanyon, themeforest dan masih banyak lagi
Pada tahun 2003, WordPress pada awalnya dibuat sebagai alat sederhana untuk membantu Anda memulai sebuah blog.

 Selama bertahun-tahun seiring berjalannya waktu, itu telah berkembang menjadi kerangka sistem dan aplikasi manajemen konten yang kuat.

 Apa yang bisa plugin wordpress lakukan ?

Plugin wordpress  adalah aplikasi perangkat lunak kecil yang mengintegrasikan dan berjalan di atas perangkat lunak WordPress. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat hampir semua jenis website dengan WordPress (tidak hanya blog).
Misalnya, Anda dapat:
  • Memulai sebuah toko online dengan WordPress menggunakan WooCommerce plugin
  •  Membuat forum kerja dengan WordPress menggunakan plugin manajer pekerjaan
  • Membangun direktori bisnis dengan terbaik direktori plugin untuk WordPress
  • Memulai sebuah kupon website seperti RetainMeNot
  • Membangun website fotografi Anda menggunakan Plugin Galeri Envira
  • Membuat website Wiki menggunakan plugin basis pengetahuan

Dan masih banyak lagi…

Tidak peduli bingung apa yang Anda coba lakukan di situs WordPress Anda misalnya anda ingin membuat sesuatu dalam wordpress anda, itu sangat mungkin untuk dilakukan. Jika fitur ini tidak tersedia dalam default WordPress, maka pasti ada plugin yang tersedia untuk itu.
Ada plugin WordPress untuk meningkatkan SEO, meningkatkan kinerja, menambahkan form Kontak, tombol media sosial, membuat galeri, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara kerja plugin wordpress ?

plugin WordPress ditulis di jalan sehingga pengembang lain dapat menambahkan kode mereka sendiri ke dalamnya. WordPress plugin API menawarkan seperangkat kuat kait dan filter yang memungkinkan pengembang untuk mengubah fungsi WordPress yang ada atau menambahkan fungsi baru.

WordPress juga memungkinkan pengembang untuk menyimpan data dalam WordPress database. Plugin dapat menggunakan jenis konten, taksonomi dan bidang kustom yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis konten tidak hanya posting dan halaman WordPress saja.
Masing-masing plugin WordPress yang diinstal pada situs Anda terdaftar dalam database WordPress Anda. 

Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mereka setiap saat Anda inginkan.
Pada setiap kunjungan, WordPress menghubungkan ke database, beban perangkat lunak inti, dan kemudian load plugin aktif. Semua kode ini diproses pada server Anda dan kemudian dikirim ke browser pengguna.


Disqus Comments