Facebook

tips untuk menjadi web master lengkap dan mudah


 tips untuk menjadi web master lengkap dan mudah

 tips untuk menjadi web master


Hallo sobat Assalamualaikum, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untukmenjadi web master. Sebelum saya membahas lebih dalam alangkah baiknya saya menjelaskan dan mengenalkan apa itu webmaster dan tugas seorang webmaster itu apa saja sih ? tentunya sobat sobat harus sudah mengenal hal hal tersebut sebelum sobat ingin melangkah lebih jauh menjadi seorang webmaster.

webmaster adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web sehingga webmaster tidak hanya bisa mendesain halaman web saja, tetapi juga harus dapat membuat sistemnya dan merawat website tersebut hingga tetap dalam kondisi baik dan mencegahnya dari kerusakan yang dapat terjadi.

Secara garis besar tugas webmaster bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, mengelola dan memelihara situs web agar tetap dapat berjalan dengan baik. Hal lain yang harus dilakukan adalah merawat dan mengembangkan sistem atau program yang digunakan. Membuat situs web dapat dinikmati pengunjung, menjaganya dari kerusakan dan pelanggaran yang datang dari dalam maupun dari luar yang dapat disebabkan oleh ulah manusia maupun software. 


Seorang webmaster juga harus terus belajar, berbagi, dan berkarya.
Berikut adalah penjelasan mengenai tugas tugas secara rinci yang mencakup web master :

Web Designer

Web Designer adalah orang yang tugasnya mendesain halaman web terutama bagian frontend. Pemilihan bentuk desain, pemilihan warna yang akan digunakan merupakan penentu akhir desain yang dapat membuat takjub pengunjung ketika melihat halaman web yang dirancangnya. Web Designer juga bertugas untuk memastikan tampilan web tetap responsive sehingga pengunjung merasa nyaman meskipun mengakses website dengan perangkat yang berbeda baik dari komputer desktop, gagdet ataupun smartphone.
Beberapa kemampuan yang harus dimiliki Web Designer untuk mendesain halaman web adalah HTML, CSS, Javascript dan Aplikasi Desain Grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator atau Corel Draw.

Web Programmer

Web Programmer sebenarnya sama dengan Web Developer. Ibarat pada sebuah kendaraan, Web Programmer bertugas sebagai perancang mesin yang membuat sebuah mobil atau motor bisa berjalan. Web Programmer harus memiliki kemampuan di bidang web seperti PHP, ASP, SQL, HTML+CSS, Javascript, XML, AJAX dan lain-lain.
Tugas seorang Web Programmer adalah sebagai berikut :
  • Membuat coding agar dapat diakses di browser.
  • Membuat sistem berjalan dengan baik.
  • Membuat, merancang, dan mengelola database yang digunakan dari sistem yang telah direncanakan.
  • Menggabungkan antara desain dan program berjalan menjadi satu.

Web Animator

Sesuai dengan namanya, tugas seorang web animator hanya membuat animasi yang dapat menarik perhatian dan dinikmati oleh pengunjung.
Dalam membuat animasi, Web Animator harus memperhatikan rancangan website yang ada. Sehingga animasi yang dihasilkan tidak akan merusak atau memperburuk desain website yang ada.

Web Administrator

Web Administrator bertanggung jawab atas berjalannya sebuah situs ketika sudah selesai dibuat. Seorang web Administrator harus mengetahui dan menguasai perbedaan web server yang ada. Baik itu dari segi kelebihan maupun kekurangannya.
Tugas Web Administrator adalah sebagai berikut :
  • Menginstal, mengatur konfigurasi server, dan merawatnya agar dapat digunakan dengan baik.
  • Memelihara server agar dapat digunakan selama 24 jam penuh.
  • Menjaga keutuhan data yang ada di dalam server.
  • Mengatur domain-domain (DNS) yang digunakan.
  • Mengatur account dan password yang digunakan baik untuk admin maupun user.
  • Mengatur konfigurasi keamanan server dan firewall.

Untuk menjadi seorang webmaster, tentunya harus memahami beberapa hal yang berkaitan langsung ketika membuat sebuah website. Hal hal yang harus diperhatikan adalah sebagi berikut :
  1. -Menguasai salah satu sistem operasi ( misalnya windows atau linux ).

  2. -Mengetahui beberapa istilah yang berkaitan dengan internet, seperti URL, domain, FTP, browser, email, IP address, hosting, dan sebagainya.

  3. -Menguasai salah satu pemograman web (misalnya saja HTML,XHTML,PHP,ASP,ASPX, dan lain lain)

  4. -Menguasai salah satu aplikasi database (misalnya MYSQLfront, SQLYog, SQL server,ms.acces. dan lain sebagainya).

  5. -Menguasai salah satu aplikasi design grafis (Misalnya saja Photoshop, corel draw, atau yang lainnya.

Software yang dibutuhkan

Selain modal dasar diatas, ada beberapa jenis software yang akan digunakan dalam mmbuat sebuah aplikasi berbasis web. jenis software berikut diantaranya sebagai berikut :


1.Software editor web

Software ini dapat membantu seorang webmaster untuk menuliskan kode kode program web. Secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu : Hand code dan WYSIWYZ (what you see is what you get). Pada hand code, penulisan kode program menggunakan editor teks seperti notepad++, sublime, Atom dan lain lain, tetapi diperlukan pemahaman kode kode program yang maksimal karena hasilnya baru kelihatan setelah dibuka pada browser.

Sementara pada editor web WYSIWYG, kita bisa langsung melihat hasilnya, misalnya mnggunakan dreamweave, Frontpage, Golive, Hotmetal, dan sebagainya.

2. Software untuk desain web


Program ini biasa digunaan oleh web designer. program tersebut diantara Adobe photoshop, corel 
draw, firewark, dan lain sebagainya.


3.Web server


Halaman halaman website yang diakses oleh user melalui browser disimppan pada web server. Untuk itu, diperlukan program khusus agar website yang kita buat dapat diterima baik oleh klien.
Ada beberapa software yang bisa digunakan baik yang gratis (open source) maupun yang komersial.


4. Browser atau web browser


Ini adalah software untuk menampilkan halaman website. cara kerja browser adalah menerjemahkan kode program HTML kedalam bentuk visual sesuai dengan apa yang dirancang oleh pembuat website. Beberapa browser yang terkenal diantaranya adalah Mozilla firefox, opera, dan lain sebagainya.

 Pemograman web

Kita tekah mengetahui bahwa diantara tugas webmaster adalah menulis kode program. dengan demikian, sebagai calon webmaster kita mesti mempelajari beberapa bahasa pemograman web, diantaranya :

1.HTML
ini adalah bahasa web yang wajib dikuasai oleh seorang web master. HTML terdiri dari tag tag yang dapat dibaca dan diterjemahkan oleh browser. menghafal tag HTML dapat menguras energi, oleh karena itu, editor WYSIWYG sepeti dreamweaver dapat memabntu meringankan tugas web master.

2. Javascript
javascript merupakan bahasa pemograman yang disisipkan diantara tag HTML. javascript digunakan untuk memeperluas fungsi fungsi HTML sehingga website tampak seperti dinamis.

3. CSS
CSS digunakan untuk memepercantik halaman web. seperti halnya javascript, CSS merupakan bahasa yang disisipkan diantara tag HTML.

4. Middleware
Perangkat lunak ini dapat menerjemahkan dan menjalankan bahasa pemograman web tertentu serta memungkinkan berinteraksi dengan basis data. diantaranya adalah : PHP, ASP, JSP, dan perl.

 Basis data ( database )

Agar web lebih dinamis, diperlukan database untuk pengolahan data. database dapat memudahkan user dan webmaster untuk memasukan, menghapus, mengedit, menampilkan, dan mencari data.
Beberapa program database yang dapat digunakan untuk pembuatan website antara lain : Oracle, SQL server, dan MYSQL.

Client side dan Server side

terdapat dua perbedaan ketika kode yang dibuat progammer web dijalankan. pertama, kode program dijalankan pada komputer klien (clien side), kemudian hasilnya ditampilkan pada browser.
Skrip program yang termasuk clien side antara lan HTML,XHTML,CSS,Javascript,Vbscript, dan lain sebagainya.
Kedua, kode program yang dijalankan pada komputer server (server side). pemrosesan kode dijalankan pada server, kemudian hasilnya dikirim kepada klien untuk ditampilkan pada browser. karena script berjalan pada server , kode program asli tidak akan di ketahui oleh user. yang termasukk dalam server side adalah program jenis middleware seperti PHP,ASP,Perl, dan lain sebagainya.

Web instan

Pekerjaan membuat webite sekarang bukan hal yang sulit. perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, telah memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin membuat website.
anda bisa membangun website lengkap dengan teknologi paling mutahir sekalipun dalam hitungan jam, dengan hadirnya Content Managemen System (CMS), pembuatan website menjadi sangat mudah.

 Apalagi banyak CMS yang open source atau gratis yang dapat digunakan secara cuma cuma.
Tema apapun yang anda buat, CMS telah menyediakannya. dengan CMS , anda tidak  perlu berpikir keras bagaimana website itu dibuat termasuk desain,pemograman, ataupun database-Nya. anda tinggal menggunakan setelah melakukan konfigurasi.

Yang termasuk CMS kategori open source atau gratis antara lain wordpress, Drupal, PostNuke, Mambo open source, dan lain sebaginya. CMS dapat digunakan untuk mengelola website perusahaan atau bisnis, website portal atau komunitas, galeri photo, forum online, aplikasi e-Commerce, dan lain sebagainya. Bagi seorang webmaster menggunakan CMS yang dibuat orang lain tentu tidak dilarang. 

Namun jika tujuannya sebagi web instan, agar ia lebih cepat dalam membuat website tanpa harus pusing dengan bahasa pemograman, tentu hanya akan menambah kemalasan, Lagi pula, apa yang bisa di banggakan jika aplikasi yang kita pakai hasil karya orang lain, kecuali, jika ingin meningkatkan pengetahuan dengan mempelajari  bahasa pemograman yang dipakai pada CMS tersebut.
setelah membaca diberbagai sumber bagaimana cara untuk menjadi seorang webmaster atau web developer maka saya menyimpulkan ada beberapa skill yang harus dikuasai untuk menjadi webmaster atau web developer, adapun skill yang harus dikuasai adalah sebagai berikut :

1. Menguasai HTML
2. Menguasai CSS
3. Menguasai JavaScript
4. Menguasai Sintaks SQL atau database
5. Menguasai Bahasa pemrograman server side PHP
6. Menguasai Desain grafis (Photoshop, Corel Draw dll)
7. Menguasai Penggunaan CMS (Wordpress, Joomla, Blogger dll)
8  Menguasai Framework (CakePHP, CodeIgniter dll)
9. Menguasai Flash
10.Menguasai Teknik-teknik Dasar Hacking (Security)

 Dengan penjelasan diatas semoga sobat sobat yang ingin menjadi seorang webmaster handal  dan bias tercapai cita citanya untuk menjadi seorang web master tercapai cita citanya ya.
Sekin dulu postingan kali ini smoga bermanfaat bagi anda yang membacanya :).

demikian artikel tentang tips untuk menjadi web master



Disqus Comments