Facebook

7 Hal yang tidak boleh dilakukan pada PHP 7


Hal yang tidak boleh dilakukan pada PHP 7


PHP 7

Assalamualaikum wr wb. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hal apa saja yang tidak boleh di lakukan di PHP 7.
Sudah tau belum kalau PHP 7 sudah resmi keluar ? ayo kita simak tulisan yang seru ini,versi terbaru dari PHP 7 ini mengeluarkan fitur-fitur terbaru.Versi terakhir adalah versi PHP 5 dan uniknya dari php ini adalah tidak ada php versi 6,yang ada adalah langsung loncat/melewati dari PHP 5 ke versi PHP 7.Entah apa yang dipikirkan developer php ini haha .Yang pasti fitur-fitur baru dari PHP 7 ini semakin memudahkan kita para developer untuk bekerja.
PHP 7 beberapa waktu lalu sudah resmi diluncurkan, pecinta PHP pastinya menyambut ini dengan suka cita. PHP 7 muncul tanpa melalui PHP 6, jadi langsung loncat dari 5 ke 7.
Ada beberapa perubahan yang terjadi di PHP 7, ada beberapa fitur yang dihilangkan dan ada beberapa yang ditambahkan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan lagi di PHP 7, walaupun sebenarya ini tidak hanya soal PHP 7, namun bisa secara umum dalam pemrograman PHP, setidaknya agar kualitas kode yang Anda buat bisa lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, mari jadikan perubahan ke PHP 7 sebagai momentum untuk ngoding dengan lebih baik.

1. Jangan gunakan fungsi mysql_

Sudah semenjak PHP 5.x Anda disarankan untuk tidak lagi menggunakan fungsi mysql_. PHP 7 menghilangkan fungsi ini dari core nya dan untuk itu Anda perlu pindah ke fungsi mysqli_ karena jauh lebih baik, atau gunakan PDO yang agar lebih fleksibel.

2. Jangan mengabaikan bahasa lain

Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila Anda seorang programmer PHP maka tidak ada salahnya sedikit mencoba bahasa lain seperti #C atau Java. Selain itu belajar bahasa-bahasa tersebut juga akan memperlancar Anda dalam memahami PHP, seperti memahami OOP nya.

3. Jangan pernah merasa pintar

Anda mungkin bisa mempercepat waktu load 0.01 detik untuk setiap halaman, karena tujuan Anda adalah menulis kode yang elegan dan itu adalah niat yang baik, Anda mungkin menggunakan berbagai macam logika untuk melakukan hal tersebut sampai orang lain dan bahkan Anda sendiri sakit kepala memikirkan hal tersebut.
Namun sebenarnya yang sederhana untuk dilakukan adalah Anda cukup menulis nama variabel dengan benar, mendokumentasikan kode yang Anda buat, buat semua lebih singkat namun jelas. Ada baiknya juga untuk menggunakan standar berorientasi objek, dimana Anda menulis dokumentasi dengan lebih baik tanpa harus banyak inline comment.

4. Jangan gunakan * dalam sql query

Kurangi penggunaan * dalam query SQL , apalagi jika Anda memiliki database yang punya banyak sekali kolom dalam tabel. Sebaiknya tentukan kolom mana saja yang akan Anda ambil, hal ini akan meminimalkan penggunaan resource.

5. Jangan lakukan query didalam loop

Melakukan query database dalam sebuah lopp adalah pemborosan. Ini akan memberikan beban yang tidak perlu pada sistem yang Anda buat dan tentunya akan lebih baik jika dilakukan diluar loop.

6. Jangan gunakan tag penutup PHP pada akhir sebuah file

Jika Anda memperhatikan, sebagian besar file inti dari Wordpress menghilangkan tag penutup PHP di setiap akhir file. Bahkan, Zend Framework secara khusus melarang hal tersebut. Hal ini tidak diperlukan oleh PHP dan dengan menghilangkan itu pada akhir file Anda memastikan bahwa tidak ada spasi yang ditambahkan.

7.Tidak boleh terlalu boros menulis kode

Kenapa tidak boleh terlalu boros dalam menulis kode ? Karena saat anda koding,anda menentukan kecepatan akses situs anda lewat koding anda.Bicara soal kecepatan,di php 7 merupakan hal yang sangat penting.Jangan langsung puas jika anda berhasil mendevelope website dan website anda berjalan cepat karena PHP7.Lebih dalam lagi,sebagai developer kita harus bisa membuat script yang benar benar dibutuhkan saja.Tulis query database dengan lebih efesien atau gunakan caching bilang memungkinkan.
Demikian artikel mengenai hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada PHP 7 semoga bermanfaat.


Disqus Comments