Facebook

Cara pemeliharaan dan keamanan website



Cara pemeliharaan dan keamanan website

cara pemeliharaan dan keamanan website
mukemit.blogspot.co.id

 Assalamualikum wr wb, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips kepada teman teman tentang cara pemeliharaan dan keamanan website.
 
Pengetahuan tentang pemeliharaan dan keamanan website mutlak diperlukan oleh seorang web master. Tentu sangat disayangkan apabila website yang kita buat dengan susah payah tiba tiba dirusak orang.

Atau, tiba tiba website tersebut mendadak sepi pengunjung karena kita membiarkannya terlantar tanpa kita melakukan pemeliharaan dan keamanan website kita tentunya itu sesuatu hal yang sangat disayangkan sekali.

Hampir setiap pengguna internet menghendaki adanya perubahan pada website yang dikunjunginya. Selain tampilan yang cantik menarik perhatian, waktu download yang sangat cepat, konten juga menjadi sasaran yang utama oleh para pengunjung website kita.

Untuk itu, “rangkulah” pengunjung agar senantiasa melihat dan menengok website kita dengan cara yang akan saya berikan dibawah ini tentang cara pemeliharaan dan keamanan website supaya website yang anda punya berjalan dengan baik dan parapengunjung pun betah berlama lama berdiam diri di webite anda.

Untuk cara pemeliharaan isi website, berikut cara – caranya untuk anda lakukan :


Berusaha untuk membuat fitur yang menarik, misalnya dengan menyediakan forum diskusi, fasilitas chatting, dan lain sebagainya. Dengan hal berikut tentunya akan membuat website anda terlihat menarik bagi para pengunjung.
 
·         Buatlah jadwal jadwal tetap untuk memperbaharui konten web. Penggunaan CMS dapat memudahkan untuk menambah atau mengubah isi web. Penambahan sebaris berita pun akan membawa perubahan pada website kita.

·         Supaya pengunjung tidak mudah bosan, gantilah interface situs secara berkala. Alangkah baiknya jika anda mempunyai stok desain untuk memudahkan perubahan desain.

      Manajemen desain bisa menggunakan bahasa pemograman web, sehingga anda bisa mengubah tampilan website dengan satu klik.
      Dengan demikian anda tidak perlu repot membuat dari awal jikalau anda ingin mengubah desain web anda.

Selain pemeliharaan pada tampilan dan konten, disarankan juga untuk melihat “apa yang terjadi” dengan website yang kita buat. Ketika kita menyewa hosting, biasanya disediakan control panel untuk melihat statistik website.

 Pada control panel juga tersedia menu untuk melihat error log untuk mengetahui berbagai kesalahan yang direkam server ketika pengunjung melihat website kita.
 
Meski penyedia layanan hosting sudah menjamin keamanan server, artinya telah menyerahkan beberapa tugas administrator web kepada orang lain. 

Kita tetap mesti berhati – hati.seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyerangan terhadap website bisa juga melalui form yang telah kita sedakan pda web kita, atau si penyerang memata matai jenis file apa yang telah kita gunakan untuk kemudian di analisis.

Untuk itu saya akan memberikan tips untuk mengoptimalkan keamanan website :


·         Gunakan enkripsi untuk variable yang berhubungan langsung dengan database untuk menghindari SQL injection.

·         Mencegah pengisian form secara remote.

·         Jangan biarkan klien melihat file file pada website kita. Jika klien membuka folder yang tidak memiliki file indeks (misalnya index.html, index.php dan lain sebagainya) maka yang ditampilkan adalah daftar file pada folder tersebut. Gunakan file index.html pada folder folder penting, meski isinya hanya tampilan kosong

·         Membuat penyamaran link , trik ini digunakan jika web server menggunakan apache. Yang dimaksud penyamaran link adalah membuat alamat yang tidak sesungguhnya.

      catatan penting " pengamanan yang lebih penting adalah bagaimana caranya menjaga server agar tidak diserang oleh pihak lain. jika server yang digunakan untuk publikasi website milik sendiri, maka anda harus sering memantaunya supaya bila ada kejadian yang tidak diinginkan bisa tertangani segera sebelum nantinya terkena bencana besar yang dapat menimpa website anda.

demikian artikel mengenai cara pemeliharaan dan keamanan website semoga bermanfaat, harapan saya tentang ditulisnya artikel ini dapat menjadikan pemahaman anda tentang cara pemeliharaan dan keamanan website menjadi lebih luas


            Baca juga tips untuk menjadi web master lengkap dan mudah


Disqus Comments